8 Makanan Khas Suku Melayu Menggugah Selera

makanan khas suku melayu

Mengintip ke dalam dunia kuliner, ada makanan khas Suku Melayu yang sungguh wajib dicicipi! Makanan khas Melayu tidak hanya lezat di lidah, tetapi juga menghadirkan aroma yang khas dan cita rasa yang memukau. Sebagian besar dari hidangan ini dapat ditemui di berbagai daerah di Indonesia, seperti Riau dan Banjar.

Namun, tahukah Anda bagaimana asal-usul dari hidangan khas Melayu ini? Ras Melayu yang beragam terbagi menjadi berbagai suku kecil atau kelompok etnis, seperti Aceh, Bugis, Mandailing, Minang, Banjar, Pattani, atau Jawa. Setiap suku memiliki ciri khas kuliner mereka sendiri yang membuatnya unik.

Ciri Khas dari Makanan Suku Melayu

Salah satu ciri khas utama dari makanan khas Suku Melayu adalah penggunaan rempah-rempah yang melimpah. Dikutip dari The Spruce Eat, makanan ini menyatukan kekayaan citarasa dari berbagai bumbu dan rempah-rempah yang umumnya ditemukan di Asia Tenggara.

Mulai dari serai, bawang merah, jahe, cabai, hingga bawang putih, semua bahan ini dicampur dan diolah dengan cermat untuk menghasilkan hidangan yang lezat dan menggugah selera.

Selain itu, makanan khas Suku Melayu juga dikenal dengan penggunaan berbagai jenis herba dan rempah tradisional lainnya, seperti lengkuas, kunyit, daun jeruk purut, dan masih banyak lagi. Semua bahan-bahan ini tidak hanya menambahkan rasa, tetapi juga memberikan aroma yang khas pada hidangan.

makanan khas suku melayu

Asal-usul Makanan Khas Suku Melayu Jadi Daya Tarik

Orang Melayu di Semenanjung Malaysia berasal dari berbagai kepulauan di Asia Tenggara. Perkawinan antar kelompok etnis ini menghasilkan budaya kuliner Melayu yang kaya dan beragam. Setiap daerah memiliki makanan khas Suku Melayu, yang dipengaruhi oleh lokasi geografis dan budaya lokal.

Di Malaysia, keragaman hidangan khas Melayu diakui berdasarkan lokasi geografisnya. Misalnya, di pantai barat terkenal dengan hidangan pedas yang dipengaruhi oleh masakan Thailand, sementara di bagian tengah terkenal dengan hidangan kaya rasa. Sementara itu, di pantai timur, hidangan khas Melayu lebih terkait dengan manisnya hidangan yang kaya akan beras ketan.

Baca Juga  11 Kuliner Malam Terdekat Lokasi Anda

Penting untuk dicatat bahwa hidangan khas Melayu sejati disiapkan dengan menggunakan bahan-bahan lokal dan diolah dengan metode tradisional. Rempah-rempah ditumbuk secara manual, dimasak dengan menggunakan tungku bergaya kuno, dan dihidangkan dalam daun tropis yang dapat dimakan.

Tidak ketinggalan, makanan khas Melayu biasanya disantap dengan menggunakan tangan, mengikuti etiket dan tata krama Melayu yang khas.

Sensasi Kuliner Makanan Khas Suku Melayu yang Menggoda

1. Gulai Ikan Patin

Gulai ikan patin, hidangan khas Melayu dari Riau, sungguh menawan dengan kuah kuningnya yang khas dan potongan ikan patin yang besar. Di Pekanbaru, Riau, makanan ini begitu populer dan selalu dicari oleh para penikmat kuliner. Di Malaysia, hidangan ini dikenal sebagai gulai patin tempoyak, yang disajikan dengan tambahan tempoyak, fermentasi pasta durian yang memberikan cita rasa unik dan lezat.

2. Roti Jala Kuah Kari

Roti jala, atau yang dikenal juga sebagai roti jaring, memiliki bentuk yang unik seperti jala karena dibuat dengan garis zig-zag. Makanan khas Suku Melayu ini terbuat dari tepung dan disajikan dengan kari ayam. Roti jala sangat terkenal di Malaysia dan Indonesia, menyajikan cita rasa yang khas dan tekstur yang lembut.

3. Laksa

Saat haus akan kesegaran, cicipi Laksa, hidangan khas Melayu dari Sarawak. Laksa adalah kuah kaldu yang lezat disertai dengan mi dan berbagai bumbu sesuai dengan varian daerahnya. Di Penang dan Sarawak, Laksa sangat populer dan memiliki variasi rasa yang memikat.

4. Nasi Gaul

Makanan khas Suku Melayu ini sering ditemui di Malaysia, terutama di Johor dan Selangor. Namun, aslinya makanan ini berasal dari Melayu Indonesia serta daerah Johor dan Selangor, yang sering dihuni oleh komunitas orang Banjar.

Baca Juga  Menikmati Kelezatan Sepotong Italia di Tengah Kota Semarang: Ulasan Menggiurkan tentang Sekar Pizza

Di kota, banyak yang belum terbiasa dengan kelezatan nasi gaul ini. Dengan penampilannya yang mirip nasi campur, nasi ini dimasak dengan kaldu ayam, memberikan cita rasa yang khas dan menggugah selera.

5. Nasi Lemak

Nasi lemak sering dianggap sebagai hidangan nasional tak resmi Malaysia, dan siapa pun akan setuju bahwa Makanan khas Suku Melayu ini sungguh lezat. Nasi lemak adalah nasi yang dimasak dengan santan, memberikan aroma dan cita rasa yang khas.

Bergantung pada lokasi, nasi lemak disajikan dengan berbagai pelengkap seperti telur rebus, kacang tanah, sayuran, kari domba/ayam/sapi, hidangan laut, dan sambal pedas yang terbuat dari cabai kering.

6. Roti Canai

Roti canai adalah salah satu hasil adaptasi masakan India dalam kuliner khas Melayu. Terdiri dari roti pipih yang disajikan dengan beragam kari lezat, seperti kari daging kambing atau ayam. Nama “canai” dalam bahasa Melayu berarti ‘menggulung adonan’, sehingga roti ini kaya akan ghee (mentega), tepung, dan air. Rasakan kenikmatannya yang unik dan lezat!

7. Nasi Kandar

Nasi Kandar, makanan khas Suku Melayu yang bisa Anda temui di Medan. Mirip dengan nasi campur, Nasi Kandar adalah nasi yang disajikan dengan berbagai topping pilihan, seperti kari, ikan, telur, dan okra.

Semuanya disajikan dalam gaya prasmanan, namun Anda juga bisa memesan secara a la carte. Konon, Nasi Kandar diperkenalkan atau dibawa oleh orang India dan kini telah menjadi salah satu favorit di banyak tempat.

8. Cendol

Siapa yang tak kenal dengan Cendol? Makanan pencuci mulut ini ternyata juga merupakan salah satu makanan khas Melayu yang menggoda selera. Di Malaysia, Cendol sering disajikan dengan tambahan durian, dan dikenal sebagai Cendol Durian.

Baca Juga  Restoran Miramar Medan: Menikmati Kelezatan Kuliner Khas Kota Medan

Sedangkan di Filipina, Cendol dikenal dengan sebutan Filipino Halo Halo, dengan tambahan topping beragam termasuk es krim. Apapun namanya, Cendol tetap menjadi sajian yang menyegarkan dan disukai banyak orang.

makanan khas suku melayu

Jelajahi keberagaman Makanan khas Suku Melayu ini dan rasakan kenikmatannya dengan menyewa mobil untuk perjalanan Anda bersama Altha Rent.