Minuman untuk Sahur Agar Kuat Puasa

minuman untuk sahur agar kuat puasa

Pada bulan suci Ramadhan, menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa menjadi prioritas utama. Salah satu tips penting yang sering terlupakan adalah memilih minuman untuk sahur agar kuat puasa. Bukan hanya tentang makanan, asupan cairan juga berperan penting untuk menjaga keseimbangan tubuh dan menjalani puasa dengan penuh vitalitas.

Banyak orang cenderung fokus pada menu makanan sahur, namun seringkali melupakan pentingnya minuman untuk sahur agar kuat puasa. Tanpa asupan cairan yang cukup, tubuh bisa terasa lemas dan kekurangan energi sepanjang hari. Oleh karena itu, mari kita simak beragam pilihan minuman yang dapat membantu Anda tetap bugar dan kuat sepanjang hari puasa.

Pilihan Minuman untuk Sahur Agar Kuat Puasa

Saat menjalani ibadah puasa, penting untuk tidak hanya memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, tetapi juga memastikan tubuh mendapatkan cukup cairan. Upaya ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi selama berpuasa. Berikut adalah rekomendasi minuman untuk sahur agar kuat puasa yang dapat Anda konsumsi saat sahur:

1. Air Putih

Air putih tetap menjadi minuman paling esensial saat sahur. Meskipun sedang berpuasa, kebutuhan akan air putih harus tetap terpenuhi tanpa adanya perbedaan jumlah yang dianjurkan.

Konsumsi 2 liter air atau setara dengan 8 gelas setiap harinya. Strategi cerdas dapat dilakukan dengan membagi konsumsi air, seperti minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas pada waktu berbuka, dan 4 gelas saat makan malam.

2. Teh Hangat

Teh hangat tidak hanya menjadi teman yang menyenangkan, tetapi juga menjadi opsi minuman sahur yang sangat baik. Kandungan antioksidan dalam teh memiliki manfaat besar untuk kesehatan.

Selain itu, teh juga dikenal dapat membunuh kuman di mulut, membantu mencegah bau mulut selama berpuasa. Untuk nikmati manfaatnya, sajikan teh tanpa gula tambahan, dengan merekomendasikan jenis teh hijau sebagai pilihan terbaik.

Baca Juga  Rahasia Memiliki Senyum Putih: Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

minuman untuk sahur agar kuat puasa

3. Susu

Susu menjadi pilihan minuman untuk sahur agar kuat puasa yang tepat untuk sahur karena kaya akan nutrisi. Satu gelas susu mengandung kalsium, protein, vitamin B2, vitamin D, dan berbagai nutrisi lainnya yang sangat baik untuk tubuh.

Tambahkan variasi rasa dengan mencampur susu dengan buah kurma. Rendam kurma dan kacang almond dalam air selama 5-7 jam, lalu blender bersama susu dan madu untuk menyajikan susu kurma yang lezat. Rendam kurma setelah berbuka untuk menghemat waktu saat sahur.

4. Air Kelapa

Air kelapa mengandung berbagai nutrisi seperti kalium, kalsium, natrium, karbohidrat, lemak, protein, fosfor, dan besi. Kandungan ini dapat membantu mengisi elektrolit yang hilang selama berpuasa, menjaga keseimbangan cairan tubuh, dan mencegah dehidrasi. Air kelapa juga baik untuk kesehatan pencernaan.

Penting untuk tidak menambahkan gula, namun jika ingin menambahkan rasa, campurkan dengan buah segar dan pemanis alami.

5. Wedang Jahe

Wedang jahe merupakan pilihan minuman untuk sahur agar kuat puasa berikutnya yang sangat bermanfaat. Dengan memberikan rasa hangat, nyaman, dan meningkatkan sistem imun, wedang jahe cocok dikonsumsi saat sahur.

Cara membuatnya pun praktis, cukup sediakan air, jahe merah, sedikit gula merah, dan serai. Rebus semua bahan hingga mendidih, saring airnya, dan wedang jahe siap disajikan.

6. Infused Water

Infused water menjadi pilihan minuman sahur yang baik dan menyegarkan. Cara membuatnya sangat mudah, hanya dengan menyiapkan air dan potongan buah, seperti lemon.

Masukkan potongan lemon ke dalam air, dan infused water siap dinikmati. Minuman ini membantu mencegah dehidrasi selama puasa, memberikan hidrasi alami dengan sentuhan kesegaran buah.

7. Smoothies Buah

Smoothies buah menjadi pilihan minuman sahur selanjutnya yang menyegarkan dan bermanfaat. Mencegah dehidrasi dengan mencampur berbagai buah seperti kiwi, nanas, pisang, atau mangga dengan susu tanpa tambahan gula.

Baca Juga  Cara Mengobati Asam Urat Agar Tidak Kambuh Lagi

Kandungan vitamin C dalam buah-buahan tersebut sangat baik untuk tubuh selama menjalani puasa. Anda juga dapat memilih jus buah lain sebagai alternatif minuman sahur untuk menjaga kekuatan puasa.

8. Jus Sayuran Segar

Sayuran memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, dan jus sayuran segar menjadi pilihan minuman untuk sahur agar kuat puasa yang cerdas. Salah satu contohnya adalah jus timun, yang mengandung sekitar 90% air dan dapat menghidrasi tubuh dengan cepat.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mencoba berbagai jus sayuran lainnya untuk variasi rasa dan manfaat kesehatan yang beragam.

minuman untuk sahur agar kuat puasa

Dengan kedelapan pilihan minuman sahur di atas, pastikan asupan cairan Anda terpenuhi agar tubuh memiliki cukup energi selama berpuasa. Tentu, Anda harus benar-benar menjaga jenis minuman untuk sahur agar kuat puasa.

Sehingga selama 1 bulan minuman bisa langsung Anda control, bukan hanya saat sahur saja, juga saat berbuka. Supaya lebih mudah mendapatkan minuman, apabila Anda perjalanan antar kota, pastikan selain memanfaatkan minuman untuk sahur agar kuat puasa di atas, gunakan Altahe Rent untuk perjalanan Anda.