10 Tempat Wisata di Lasem Terbaru

tempat wisata di Lasem

Telusuri kisah menakjubkan tentang tempat wisata di Lasem, sebuah permata tersembunyi yang terletak di sepanjang pantai utara Jawa. Meskipun berlokasi di daerah terpencil, kecamatan kecil ini menawarkan sejumlah daya tarik yang berhasil mencuri hati para pengunjungnya.

Mulai dari kelezatan kuliner hingga petualangan ekologi, serta perjalanan spiritual, Lasem menawarkan beragam pengalaman yang cocok untuk semua selera wisatawan. Namun, apa yang benar-benar membedakan Lasem adalah kesaksian bisu atas peradaban manusia yang telah berlangsung selama jutaan tahun.

Daftar Tempat Wisata di Lasem yang Wajib Anda Kunjungi

Mari menjelajahi perjalanan sejarah melalui situs-situs suci Lasem, masing-masing menjadi bukti dari kekayaan sejarah masa lalu. Di sini, ada tempat wisata di Lasem yang wajib dikunjungi untuk mengungkap misteri kejayaan zaman dahulu dengan segala kemegahannya.

1. Kampung Batik Karangturi

Kampung Batik Karangturi
googleusercontentcom

Lasem tidak hanya dikenal dengan keindahan batik tulisnya yang memukau, tetapi juga menyajikan pengalaman wisata yang mengagumkan. Di Kampung Batik Karangturi, Anda akan merasakan pesona sejarah yang terkandung dalam setiap motif batiknya.

Tersedia berbagai pilihan motif batik yang cantik dengan kualitas kain yang luar biasa. Salah satu tempat wisata di Lasem paling favorit untuk membeli batik adalah galeri yang dipimpin oleh Bu Sutera di desa Karangturi, tempat Anda bisa menyaksikan karya-karya batik tulis khas Lasem yang mengagumkan.

Tidak hanya itu, Anda juga akan terpesona oleh suasana rumah kuno di Kampung Batik Karangturi ini. Teknik pembuatan batik yang digunakan di Lasem sangatlah orisinal dan turun-temurun, menciptakan motif-motif seperti laseman, tiga negeri, kricak, gunung ringgit, dan lainnya.

Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, sehingga Anda bisa membawa pulang kenang-kenangan berharga dari Lasem.

2. Pantai Caruban

Keindahan alam tempat wisata di Lasem juga terpancar melalui Pantai Caruban yang menakjubkan. Pantai ini memiliki pesona tersendiri dengan suasana pedesaan yang masih alami.

Anda dapat menikmati perjalanan menyusuri jalanan sempit di antara tambak garam dan tambak bandeng menggunakan delman, menciptakan pengalaman liburan yang unik. Tempat wisata di Lasem juga memiliki nilai sejarah yang kental, menjadi saksi bisu dari kejayaan Kerajaan Majapahit.

3. Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe Rembang menawarkan pemandangan yang memukau dan menjadi primadona baru bagi wisatawan, khususnya kaum milenial. Pemandangan pantai yang indah dengan pasir putih yang bersih menciptakan latar belakang yang sempurna untuk swafoto yang instagramable.

Meskipun masih belum terkenal, tempat wisata di Lasem ini menyimpan pesona alam yang menakjubkan, terutama dengan keberadaan serpihan karang yang unik berbentuk jahe.

4. Pantai Jatisari

Lasem memiliki beragam destinasi wisata yang menakjubkan, termasuk Pantai Jatisari yang memukau dengan keindahan alamnya. Pasir putih dan bebatuan di tepi pantai menciptakan pemandangan yang alami dan belum tersentuh oleh tangan manusia.

Terutama saat matahari terbenam, suasana romantis tempat wisata di Lasem ini menarik banyak pengunjung lokal, bahkan ada yang memilihnya sebagai latar belakang foto pra-wedding.

5. Puncak Argopuro Gunung Gede

tempat wisata di Lasem

Bagi pecinta aktivitas mendaki, Puncak Argopuro Gunung Gede adalah tempat wisata di Lasem yang sempurna. Dengan ketinggian 806 mdpl, mendaki ke puncaknya tergolong ringan dan memakan waktu sekitar 2,5 jam.

Dari puncaknya, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang memesona, ideal untuk diabadikan dalam foto. Meskipun tidak seberapa tinggi, keindahan yang ditawarkan Puncak Argopuro sebanding dengan gunung-guung lainnya di Jawa Tengah.

6. Watu Congol

Watu Congol menjadi surga bagi pencinta suasana tebing. Di Desa Selopuro, Kecamatan Lasem, Anda akan menemukan keindahan alam yang masih asli dan segar.

Perjalanan sekitar 20 menit dari alun-alun kota Rembang akan membawa Anda ke tempat wisata di Lasem ini, di mana Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan hijau dan batu-batu besar yang tersebar. Biaya masuk yang terjangkau membuat pengalaman ini semakin berharga.

7. Masjid Jami’ Lasem

Lasem tidak hanya menawarkan pesona alam dan sejarah, tetapi juga menjadi destinasi wisata religi yang menarik bagi umat Muslim. Salah satunya adalah Masjid Jami’ Lasem, yang bukan hanya sekadar tempat ibadah biasa.

Desain interiornya dihiasi dengan kaligrafi dan ukiran kayu khas Pantura timur Jawa, menciptakan atmosfer yang khusyuk dan indah. Terletak di jalan raya utama, tempat wisata di Lasem ini mudah dijangkau oleh wisatawan yang ingin menunaikan ibadah sholat, serta mendekati makam-makam waliullah yang sering diziarahi, seperti makam Mbah Sambu dan ulama besar Lasem, simbah KH Ma’shum, serta makam Adipati Tejakusuma 1.

8. Omah Lawang Ombo

Omah Lawang Ombo juga menjadi tempat wisata di Lasem menarik dengan aura mistisnya. Rumah kuno ini, yang sudah berdiri sejak abad ke-18, dianggap sebagai tempat yang identik dengan hal-hal supranatural.

Desainnya yang kental dengan nuansa Tiongkok memberikan daya tarik tersendiri. Meskipun dulunya pernah menjadi gudang candu yang ilegal, kini bangunan ini tidak berpenghuni dan sering dijadikan tempat uji nyali. Namun, untuk masuk ke dalamnya, pengunjung harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pengelola bangunan.

9. Kelenteng Gie Yong Bio

klenteng lasem
idntimescom

Kelenteng Gie Yong Bio memperlihatkan keunikan dengan kehadiran patung dewa-dewi di dalamnya, yang tidak biasa dijumpai di kelenteng-kelenteng lain. Patung-patung ini didedikasikan untuk mengenang jasa Raden Panji Margono, seorang tokoh masyarakat Muslim keturunan Jawa di Lasem yang berperan dalam perlawanan terhadap penjajahan.

Saat berkunjung ke tempat wisata di Lasem ini, Anda akan menemukan altar khusus yang didedikasikan untuk Raden Panji Margono, di mana banyak pengunjung datang untuk bersembahyang dan mempersembahkan penghormatan kepada tokoh ini.

10. Petilasan Sunan Bonang

Petilasan Sunan Bonang menjadi destinasi wisata religi yang penuh makna. Dipercaya oleh penduduk sekitar sebagai tempat peristirahatan Sunan Bonang, salah satu dari Walisongo yang menyebarkan Islam di Nusantara. Banyak orang yang melakukan ziarah di tempat ini untuk mempersembahkan doa dan penghormatan kepada tokoh agung ini.

Sudah pernah berkunjung pada salah satu tempat wisata di Lasem ini? Jika belum segera rencanakan bersama pasangan dan keluarga Anda.