5 Tempat Wisata di Ponorogo Mempesona 2024

tempat wisata di Ponorogo

Jelajahi keindahan dan kekayaan kultural, tempat wisata di Ponorogo, sebuah kabupaten yang tak hanya mempesona sebagai kota seni dan budaya di Jawa Timur barat. Di tengah gemerlapnya festival dan kegiatan budaya, kesenian reog masih tetap menghiasi dan menghidupkan tradisi. Ponorogo memang memelihara dan merayakan warisan budaya dengan semangat yang konsisten.

Namun, keelokan Ponorogo tak terbatas pada seni Reog semata. Destinasi wisata di sini memikat dengan ragam pesona alam, keindahan religius, hingga pesona buatan yang tak kalah memukau. Kunjungi dan temukan keajaiban yang tak ternilai di setiap sudutnya.

Tidak mengherankan bahwa jumlah wisatawan domestik terus meningkat pesat. Data tahun 2022 mencatat lonjakan tajam dari 161.758 pengunjung menjadi 589.268 orang. Ponorogo telah menjadi magnet bagi para pencinta petualangan dan keindahan yang tak tertandingi. Sambutlah keajaiban Ponorogo dan nikmati pesonanya yang abadi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Ponorogo 2024

Jika Anda mengidamkan petualangan yang memikat, Ponorogo adalah jawabannya. Kabupaten ini menawarkan sejumlah tempat wisata di Ponorogo yang memikat hati para pengunjung, didukung oleh data terbaru dari Kabupaten Ponorogo Dalam Angka 2023 yang disajikan oleh BPS.

1. Telaga Ngebel

Pemandangan Puncak Mandeh

Kita tidak bisa mengabaikan daya tarik tak terbantahkan dari Telaga Ngebel. Terletak di Kecamatan Ngebel, tempat wisata ini telah menjadi primadona dengan jumlah pengunjung yang membludak. Pada tahun 2022, Telaga Ngebel menyedot perhatian dengan mencatatkan kunjungan sebanyak 281.760 orang.

Terbayanglah panorama indah dari danau yang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Terletak di kaki Gunung Wilis, udara di sekitarnya pun terasa sejuk dan nyaman, menciptakan suasana yang sempurna untuk berpetualang.

Ditambah lagi dengan berbagai wahana permainan air yang tersedia, Telaga Ngebel benar-benar memikat hati para pengunjung. Belum lagi kehadiran wahana baru seperti air terjun menari dan perahu naga yang melengkapi pengalaman tempat wisata di Ponorogo. Telaga Ngebel buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB, siap menyambut pengunjung dengan beragam kejutan dan keasyikan.

2. Makam Kiai Ageng M. Besari & Masjid Tegalsari

Jangan lewatkan keindahan spiritual Makam Kiai Ageng M. Besari & Masjid Tegalsari. Terletak di Desa Tegalsari, Kecamatan Jetis, tempat wisata di Ponorogo ini menjadi pusat perhatian bagi banyak pengunjung. Menurut data BPS, tempat wisata religi ini mencatatkan jumlah pengunjung sebanyak 69.657 pada tahun 2022.

Kisah di balik makam ini memikat hati dengan kebijaksanaan dan ketakwaan yang tercermin dalam sejarah. Kiai Ageng Muhammad Besari, pendiri Pondok Pesantren Tegalsari Ponorogo pada abad ke-18, dikenal sebagai sosok yang memberikan inspirasi dan keteladanan.

Makamnya yang terletak di kompleks Masjid Tegalsari menjadi tempat yang penuh berkah, banyak didatangi oleh para peziarah dari dalam dan luar kota, bahkan dari luar Pulau Jawa.

Pada bulan Ramadan, kunjungan mencapai puncaknya, dengan masyarakat dan santri yang berziarah, berdoa, dan bertawassul untuk meningkatkan derajat hidup, memohon kelancaran hajat, serta mendapat keberkahan dalam kehidupan dan keturunan.

3. Sendang Bulus

tempat wisata di Ponorogo

Hadir Sendang Bulus, tempat wisata di Ponorogo  bertema air yang tak hanya populer, tapi juga ikonik di Ponorogo. Nama Sendang Bulus diambil dari keberadaan hewan langka, bulus atau sejenis kura-kura berpunggung lunak, yang hidup di dalam kolam airnya.

Dari data BPS, terlihat bahwa Sendang Bulus menduduki peringkat ketiga dalam jumlah pengunjung di Ponorogo, dengan mencapai 66.175 pengunjung pada tahun 2022. Lokasinya yang berada di sebelah timur Desa Pager, tepatnya di Pager Tengah, Desa Pager, Kecamatan Bungkal, menawarkan hiburan bagi seluruh keluarga.

Dengan beragam wahana permainan seperti taman bermain, ayunan, sepeda air, dan masih banyak lagi, Sendang Bulus menjadi tujuan yang menarik terutama bagi anak-anak. Suasana asri dengan pepohonan hijau menambah kehangatan, terutama saat matahari bersinar terang. Jadwal operasionalnya juga ramah, buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.30 WIB.

4. Brilliant Water Park

Jangan lewatkan kegembiraan di Brilliant Water Park, terletak di Desa Plunturan, Kecamatan Pulung. Data dari BPS menunjukkan bahwa pada tahun 2022, Brilliant Water Park berhasil menarik 52.022 pengunjung. Wisata air ini merupakan pilihan tepat untuk berlibur bersama keluarga karena menyediakan kolam renang bagi semua kalangan usia.

Dengan berbagai fasilitas seperti seluncuran, sarana outbond, dan kamar mandi yang lengkap, pengunjung dapat menikmati waktu dengan bebas. Dan jangan khawatir jika perut mulai keroncongan, karena Brilliant Water Park juga menyediakan restoran dengan konsep alam pedesaan, mengambang di atas danau buatan.

Harga tiket masuk yang terjangkau, hanya Rp10.000 per orang, membuat tempat wisata di Ponorogo  ini semakin menggiurkan. Jam operasionalnya pun fleksibel, buka setiap hari kecuali Jumat, dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

5. Makam Batoro Katong

tempat wisata di pik

Dalam heningnya desa Setono, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, terdapat sebuah tempat yang bukan hanya sebuah situs bersejarah, tetapi juga sebuah destinasi spiritual yang kaya makna. Makam Batoro Katong, begitu disebutkan, menghamparkan keajaiban yang terpatri dalam sejarah panjang Ponorogo.

Data dari BPS menunjukkan bahwa Makam Batoro Katong menarik perhatian hingga mencatatkan 18.783 pengunjung pada tahun 2022. Situs religi ini menjadi saksi bisu dari kebesaran masa lalu, dengan kehadiran pengunjung yang terus mengalir sebagai bentuk penghormatan terhadap pendiri Kabupaten Ponorogo.

Dikutip dari laman jawatimuran.disperpusip.jatimprov.go.id, Batoro Katong bukanlah sembarang makam. Adipati pertama Ponorogo pada tahun 1496, Batoro Katong, menempati posisi penting dalam lembaran sejarah daerah ini.

Makamnya sebagai tempat wisata di Ponorogo memiliki keunikan tersendiri, terletak di tengah-tengah pemukiman penduduk dengan tujuh gapura pintu masuk, yang melambangkan lapisan langit sebagaimana yang terjadi dalam Isra’ Mi’raj.

Pengunjung yang hendak berziarah di sini harus bersiap-siap melewati tiap gapura dengan jarak sekitar 200 meter, sebuah perjalanan yang sarat dengan makna spiritual.

Makam Batoro Katong bukanlah sekadar tempat bersejarah; ia adalah jendela ke dalam warisan yang kaya dan nilai-nilai spiritual yang mendalam. Sebagai bagian dari kekayaan budaya Ponorogo, ziarah ke sini adalah pengalaman yang memberi makna dan mengingatkan akan pentingnya melestarikan akar-akar tradisi yang telah memberi identitas pada sebuah daerah.

Sambutlah kehadiran tempat wisata di Ponorogo sebagai pintu gerbang menuju liburan yang lebih dalam dan menyenangkan sepanjang hidup Anda.